Strategi Meningkatkan Penghasilan pada Bisnis Beras Merah Organik Melalui Strategi Manajemen Pemasaran
Strategi
pemasaran yang dalam diupayakan oleh suatu perusahaan dalam mempromosikan beras merah organik dengan target omzet Rp.1.000.000.000
di Bulan Januari 2021, dilakukan strategi pemasaran agar menjadi
perusahaan terbaik di Indonesia
Dilakukan
pendekatan dalam merancang strategi pemasaran Beras Merah Organik melalui bauran pemasaran 4 P ( promotion, place, price, product) dan tiga tahapan STP (Segmenting, Targeting,
Positioning).
Segmentasi
Segmentasi adalah suatu proses yang berisi mengenai indentifikasi
segmen, atau kelompok berdasarkan karakteristik konsumen dberdasarkan demografi, psikografi,
dan manfaat yang dimiliki oleh produk dll. Sedangkan segmentasi pada produk beras merah itu
menyeluruh yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia maka segmentasi sesuai dengan masyarakat Indonesia yang memiliki gaya hidup
sehat.
Targeting
Target
merupakan target tembak atau sasaran terhadap produk yang nantinya akan kita jual ke konsumen berdasarkan dengan segmen yang telah
dikelompokkan maka beras merah organik target nya masyarakat menengah keatas
dengan mempunyai prinsip pola hidup sehat.
Positioning
Positioning merupakan penempatan posisi suatu produk kita dibandingkan dengan produk pesaing. Produk Beras Merah dapat dipasarkan dengan berbagai macam tempat untuk pemasara baik itu pasar swalayan
atau marketplace dengan harga terjangkau dan varian bobot dengan kemasan unik sehingga mampu menarik konsumen.
Bauran pemasaran yang dilakukan untuk mencapai penjualan yang maksimal atau optimal mencakup bauran pemasaran (4 P) produk, lokasi dan saluran distribusi, bauran harga produk serta bauran promosi. 1. Bauran Produk
Produk yang dijual yaitu Beras Merah Organik yang memiliki manfaat atau khasiat lebih unggul dibanding dengan beras pada umumnya, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh masyarakat yang memiliki prinsip dalam menerapkan pola hidup sehat.
2. Bauran Harga
Beras merah Organik ini memiliki banyak varian baik itu dari segi bobot atau netto dan kualitas yang ada pada berbagai macam jenis produk beras merah Sehingga produk Beras Merah Organik memiliki harga yang berbeda-beda, namun harga yang ditetapkan pada beras merak organik termasuk tinggi karena pada proses produksi nya menggunakan sistem organim yang mampu menyehatkan tubuh dari penyakit.
3. Bauran lokasi dan Distribusi
Bauran distribusi yang ditetapkan pada perusahaan yaitu didistribusikan diberbagai macam lokasi pada pemasaran baik itu swalayan, pasar dan market place yang dijual secara online. Sehingga penjualan beras merah dapat dipasarkan secara rata.
4. Bauran Promosi
Dalam mengembangkan bisnis perlu melakukan proses promosi atau periklanan yang digunakan dalam mengenalkan produk yang nantinyak dijual ke seluruh kalangan konsumen di Merah Orgamasyarakat.Beras nik ini diperlukan untuk mempromosikan produk ke masyarakat dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, market place dll.
Beras
Merah Organik bisa di ekspor ke seleruh Negara di pasar ASEAN sebagai salah
satu tujuan nya untuk memperluas pangsa pasar. Pada analisa daya saing beras merah
organik di pasar asean, pelaku bisnis dalam usaha beras organik masih relatif kecil,
di Indonesia beras merah organic memiliki kualitas yang baik namun harga yang
dijual cukup tinggi karena beras merah organik diolah dan di produksi secara organik, meskipun memiliki harga yang relatif mahal konsumen beras merah akan selalu membutuhkan dan mengkonsumsi beras merah organik karena masyarakat yang telah memiliki prinsip hidup pola sehat Sedangkan di Negara ASEAN permintaan
akan beras organik cukup tinggi sehingga membuat usaha beras organik merah
memiliki peluang pada pasar ASEAN dengan tujuan memperoleh keuntungan besar.
Komentar
Posting Komentar