Strategi Meningkatkan Penghasilan pada Bisnis Beras Merah Organik Melalui Strategi Manajemen Pemasaran

 

Strategi pemasaran yang dalam diupayakan oleh suatu perusahaan dalam mempromosikan beras merah organik dengan target omzet Rp.1.000.000.000 di Bulan Januari 2021, dilakukan strategi pemasaran agar menjadi perusahaan terbaik di Indonesia

Dilakukan pendekatan dalam merancang strategi pemasaran Beras Merah Organik melalui bauran pemasaran 4 P ( promotion, place, price, product) dan tiga tahapan STP (Segmenting, Targeting, Positioning). 

 Segmentasi       

Segmentasi adalah  suatu proses yang berisi mengenai indentifikasi segmen, atau kelompok berdasarkan karakteristik konsumen dberdasarkan demografi, psikografi, dan manfaat yang dimiliki oleh produk dll. Sedangkan segmentasi pada produk beras merah itu menyeluruh yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia maka segmentasi sesuai dengan masyarakat Indonesia yang memiliki gaya hidup sehat.

Targeting            

Target merupakan target tembak atau sasaran terhadap produk yang nantinya akan kita jual ke konsumen berdasarkan dengan segmen yang telah dikelompokkan maka beras merah organik target nya masyarakat menengah keatas dengan mempunyai prinsip pola hidup sehat.

Positioning         

Positioning merupakan penempatan posisi suatu produk kita dibandingkan dengan produk pesaing. Produk Beras Merah dapat  dipasarkan dengan berbagai macam tempat untuk pemasara baik itu pasar swalayan atau marketplace dengan harga terjangkau dan varian bobot dengan kemasan unik sehingga mampu menarik konsumen.

          Bauran pemasaran yang dilakukan untuk mencapai penjualan yang maksimal atau optimal mencakup bauran pemasaran (4 P) produk, lokasi dan saluran distribusi, bauran harga produk serta bauran promosi. 1. Bauran Produk

Produk yang dijual yaitu Beras Merah Organik yang memiliki manfaat atau khasiat lebih unggul dibanding dengan beras pada umumnya, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh masyarakat yang memiliki prinsip dalam menerapkan pola hidup sehat. 

2. Bauran Harga 

Beras merah Organik ini memiliki banyak varian baik itu dari segi bobot atau netto  dan kualitas yang ada pada berbagai macam jenis produk beras merah Sehingga produk Beras Merah Organik memiliki harga yang berbeda-beda, namun harga yang ditetapkan pada beras merak organik termasuk tinggi karena pada proses produksi nya menggunakan sistem organim yang mampu menyehatkan tubuh dari penyakit.

3. Bauran lokasi dan Distribusi

Bauran distribusi yang ditetapkan pada perusahaan yaitu didistribusikan diberbagai macam lokasi pada pemasaran baik itu swalayan, pasar dan market place yang dijual secara online. Sehingga penjualan beras merah dapat dipasarkan secara rata.

4. Bauran Promosi

Dalam mengembangkan bisnis perlu melakukan proses promosi atau periklanan yang digunakan dalam mengenalkan produk yang nantinyak dijual ke seluruh kalangan konsumen di  Merah Orgamasyarakat.Beras nik ini diperlukan untuk mempromosikan produk ke masyarakat dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, market place dll.

contoh poster atau pamflet produk

Beras Merah Organik bisa di ekspor ke seleruh Negara di pasar ASEAN sebagai salah satu tujuan nya untuk memperluas pangsa pasar. Pada analisa daya saing beras merah organik di pasar asean, pelaku bisnis dalam usaha beras organik masih relatif kecil, di Indonesia beras merah organic memiliki kualitas yang baik namun harga yang dijual cukup tinggi karena beras merah organik diolah dan di produksi secara organik, meskipun memiliki harga yang relatif mahal konsumen beras merah akan selalu membutuhkan dan mengkonsumsi beras merah organik karena masyarakat yang telah memiliki prinsip hidup pola sehat Sedangkan di Negara ASEAN permintaan akan beras organik cukup tinggi sehingga membuat usaha beras organik merah memiliki peluang pada pasar ASEAN dengan tujuan memperoleh keuntungan besar. 





Komentar

Postingan Populer