Bauran Promosi

 1. Konsep inti promosi

Bauran promosi merupakan suatu alat untuk mengenalkan produk yang kita tawarkan baik barang maupun jasa dengan tujuan untuk mempengaruhi konsumen agar tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Menurut Kotler dan Amstrong bauran promosi merupakan perpaduan atau gabungan antara iklan, penjualan, dan hubungan masyarakat yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan tujuan mengiklakan produk dan pemasaran

2. Bentuk-bentuk promosi

- Periklanan (Advertising)

Suatu bentuk promosi yang non personal (kontak dengan manusia tanpa melibatkan secara langsung) dengan menggunakan bermacam media untuk menarik pelanggan. 

- Personal Selling

Merupakan bentuk promosi dengan mengenalkan produk ke konsumen dengan mengunjungi ke rumah atau tempat konsumen berada.

- Sales Promotion

Merupaka bentuk promosi dengan insentif jangka pendek untuk mendorong penjualan dari produk yang kita jual. Contohnya seperti pemberian kupon, diskon harga, hadiah dll. Yang bertujuan agar konsumen tertarik untuk membeli produknya.

- Publishing (publisitas)

Suatu upaya promosi dengan menjalin hubungan baik dengan masyarakat agar dapat mengatasi isu atau cerita yang merugikan perusahaan 

- Direct marketing

Bentuk promosi dengan berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan yang telah kita targetkan. Dapat dilakukan dengan email, tele marketing, catalog, dll.


3. Pemilihan media iklan

Berikut ini langkah-langkah dalam pemilihan media iklan antara lain:

- Tentukan budget

Dalam mengiklankan produk yang kita jual perlu memperhatikan budget yang kita punya apabila kita memiliki budget yang besar maka media elektronik TV bisa dijadikan tempat iklan yang efektif sedangkan jika kita memiliki budget yang pas-pasan kita dapat mengiklankan dengan melalui media sosial atau koran.

- Tentukan Segmen Pasar

Tentunya dalam mengiklankan produk sesuai dengan segmen dan target pasar. Apabila kita segmen pasar kita hanya sebatas lokal maka kita dapat menggunakan media iklan khusus lokal saja sedangkan jika segmen pasar kita menyeluruh sampai nasional maka media iklan yang efektif seperti TV, koran, majalah, dll.

- Tentukan Materi Iklan

Bila kita mengiklankan produk dengan bentuk materi berupa teks maka lebih cocok menggunakan media cetak baik itu secara offline maupun online, jika bentuk materi iklan kita berupa video bisa menggunakan media YouTube atau TV, sedangkan jika materi kita berupa audio bisa menggunakan media radio untuk mempromosikannya.

- Tentukan media online atau offline atau bahkan keduanya

Bentuk promosi yang kita lakukan dapat melalui offline berupa media cetak seperti koran, baliho, banner atau tabloid sedangkan online bisa melalui medsos, YouTube, dll. Jadi semua itu tergantung pasar yang akan kita targetkan.

4. Faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk promosi

Adapun faktor-fator yang mempengaruhi bentuk promosi antara lain:

- Tujuan Promosi

Agar perusahaan dapat berhasil mencapai tujuan pemasaran nya maka iklan merupakan solusinya

- Jenis Produk

Produk industri lebih membutuhkan pendekatan personal sedangkan produk konsumsi lebih membutuhkan iklan.

- Infrastruktur dan Sumber Daya Perusahaan

Jika budget dari perusahaan mencukupi maka dapat dilakukan dengan menggunakan iklan sedangkan jika usaha kecil dan budget tidak mencukupi hanya melakukan penjualan secara pribadi.

- Siklus Hidup Produk

Pada awal berdirinya perusahaan, perusahaan cukup memasarkan produknya dengan penjualan secara pribadi namun ketika perusahaan telah berjalan dan berkembang pesat menjadi perusahaan yang besar maka perusahaan fokus pada iklan saja.

- Infrastruktur Distribusi

Jika melakukan penjualan secara langsung perusahaan menggunakan sistem personal selling sedangkan iklan hanya digunakan sebagai faktor pendukung.

- Ukuran Pasar

Jika perusahaan menargetkan dalam skala kecil penjualan secara langsung sudah efektif namun jika perusahaan menargetkan secara meluas maka iklan merupakan promosi yang lebih efektif

- Startegi Penetapan Harga

Produk yang berjenis premium biasanya kurang mengandalkan media secara massa, sehingga kebanyakan lebih menjual produknya secara pribadi.

5. Strategi promosi dengan melihat siklus hidup produk

Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle/PLC) merupakan suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar. Pada bagian promosi siklus hidup produk yaitu pada tahap introduction atau pengenalan yang mana pada awal berdirinya perusahaan maka terdapat berbagai macam kendala seperti penjualannya yang masih tergolong rendah, volume pasar yang lambat, tingkat kegagalan yang relatif tinggi maka perlu adanya solusi berupa promosi terhadap produk walaupun budget yang dimiliki perusahaan masih tergolong rendah dan tidak cukup melakukan periklanan dengan biaya yang besar maka dapat dilakukan dengan menggunakan jenis periklanan personal selling atau mengunjugi ke tempat konsumen secara langsung yang nantinya dapat bertahap sampai memiliki penghasilan dengan tingkat keuntungan yang tinggi dapat menggunakan media iklan dengan budget yang lebih besar.


6. Studi Kasus

ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO CABANG TENDEAN


        Dewasa ini, semakin ketat persaingan bisnis membuat para pelaku usaha baik itu perseorangan maupun perusahaan yang berasal dari dalam dan luar negeri haruslah menonjolkan produknya dari persaingan dengan pendekatan harga, produk, distribusi dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian mobil Toyota pada PT. Hasjrat Abadi Manado

        Cabang Tendean. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif. 100 konsumen PT. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean telah disurvei sebagai responden. Hasil penelitian menunjukan secara simultan bahwa penjualanpribadi, periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial penjualan pribadi, periklanan,promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Sumber : 

Lontoh, Michael N. 2016. Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada PT. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkalah Ilmiah  Efisiensi. Vol. 16 (1): 515-525. 

Komentar

Postingan Populer