Strategi Pemasaran STP (Segmeneting, Targeting, Positioning)

 

A.      Konsep Inti STP

Strategi merupakan proses dari awal munculnya suatu rencana sampai gambaran umum kegiatan yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu strategi mengenai suatu cara agar produk yang nantinya kita jual dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan.  Pada dasarnya inti strategi pemasaran modern dikenal dengan STP (segmenting, targeting, positioning). Langkah awal dari strategi pemasaran tersebut yaitu kegiatan memilah dengan membuat kelompok-kelompok konsumen berdasarkan persamaan yang dimilikinya, setelah membuat kelompok-kelompok pada konsumen selanjutnya yaitu kegiatan membidik target pasar, dan yang terakhir yaitu menjelaskan posisi pasar kita dengan menjelaskan keunggu
lan pasar kita dibandingkan pasar orang lain.

B.      Konsep Nilai Pelanggan

Konsep nilai pelanggan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap produk yang kita jual dengan membandingkan terhadap semua yang telah kita korbankan dengan banyaknya pengeluaran dengan tujuan agar dapat memperoleh manfaat yang nantinya akan diterima oleh pihak konsumen. Manfaat yang diterima konsumen meliputi tampilan, kualitas dan layanan yang diberikan pada produk yang kita jual. Sedangkan pengorbanan itu sendiri antara lain jumlah modal yang kita keluarkan dalam merintis usaha seperti membeli bahan baku produk, alat untuk membuat produk serta toko atau perusahaan yang akan kita dirikan dan usaha serta waktu yang kita habiskan dalam membuat produk tersebut.

 

Ø  Pasar grosir, pengecer dan eksportir

-          Pasar grosir

Pasar grosir adalah pasar yang pada kegiatannya membeli barang yang telah dibeli untuk dijual lagi ke konsumen. Uniknya pasar grosir akan menambah nilai pelanggan karena disebabkan antara lain : pedagang grosir memudahkan produsen untuk mendapatkan konsumen dengan biaya yang kecil, pedagang grosir dapat menghemat pengeluaran konsumen dalam membeli produk yang mereka inginkan, dan memberikan layanan pengiriman yang lebih cepat.

-          Pengecer

Pengeceran adalah sebuah kegiatan yang meliputi proses penjualan produk dari produsen secara langsung dijual ke konsumen, dan orang yang menjual barang dengan sistem pengeceran disebut pengecer. Contohnya seperti supermarket atau swalayan, toko kelontong, dll

-          Ekspotir

Ekspotir adalah sekelompok orang melakukan kegiatan ekspor yaitu mengirim suatu barang atau produk yang kita jual ke negara lain. Tentunya kegiatan ekspor telah mendapatkan perizinan dan telah terdaftar resmi pada lembaga perdagangan di suatu pemerintahan.

 

Ø  Macam- macam Pelanggan

Pelanggan merupakan konsumen yang telah membeli dan mengkonsumsi produk yang kita jual secara terus-menerus karena mereka menilai bahwa apa yang kita jual meberikan manfaat dan keunggulan tersendiri bagi konsumen.

1.    Pelanggan Lokal

Pelanggan lokal merupakan pelanggan yang cakupannya hanya berada di sekitar lokasi dari suatu perusahaan atau toko yang mereka beli secara terus-menerus. Contoh: pelanggan toko roti di desa Arjo Sari kebanyakan pelanggan nya berasal dari daerah sekitar lokasi toko roti tersebut.

2.    Pelanggan Nasional

Pelanggan nasional merupakan pelanggan yang cakupannya berada dalam suatu negara. Contoh perusahaan kayu di kota Surabaya memiliki Pelanggan di Kota Medan. Hal tersebut menjelaskan pelanggan nya masih berada dalam jangkauan satu negara yaitu Indonesia.

3.    Pelanggan Internasional

Pelanggan internasioanal merupakan perusahaan yang pelanggannya mencakup lebih luas yaitu seluruh negara. Contoh PT. Indofood Sukses Makmur yaitu perusahaan yang ada di Indonesia ini mejual produk mie instant indomie yang pelanggannya mencakup di berbagai negara seperti Malaysia, Nigeria, Saudi Arabia, dll.   

C.      Segmenting

Segmenting merupakan suatu kegiatan untuk memetakan konsumen menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan persamaan atau karakteristik dari suatu konsumen tersebut yang nantinya memudahkan produsen untuk mencapai tujuan dari pemasarannya. Adapun jenis-jenis dari segmentasi pasar antara lain segmentasi perilaku yaitu berdasarkan perilaku konsumen, segmentasi psikografis yaitu berdasarkan kesukaan atau keinginan konsumen, sementasi demografis yaitu berdasarkan faktor pada umumnya (umur, jenis kelamin, pendapatan, dll), Segmentasi geografis yaitu berdasarkan tempat tinggal konsumen saat ini. 

D.      Targeting

Targeting merupakan suatu kegiatan untuk membidik target pasar berdasarkan kelompok-kelompok atau segmen pasar yang telah kita buat dengan itu maka kita dapat menentukan segmen yang cocok untuk dapat ditetapkan sebagai target dari suatu pasar. Cara agar suatu perusahaan dapat menetukan target pasar seperti lebih terfokuskan pada kebutuhan pasar dengan kebutuhan yang sama, memberikan berbagai macam variasi pada produk yang dijual serta menawarkan berbagai macam produk pada segmen yang dinilai memiliki peluang pasar yang cukup besar.

E.       Positioning

Tahap akhir dari strategi pasar yaitu menempatkan atau memposisikan produk yang akan kita pasarkan dengan menunjukkan kunggulan tersendiri dari produk yang kita jual dibandingkan dengan produk yang lainnya. Pada tahap ini kita meyakinkan para konsumen yang berada pada segmen pasar yang telah kita target sebelumnya percaya dan mempunyai persepsi yang baik mengenai produk yang kita jual. Sehingga menimbulkan banyak pelanggan yang terus mengkonsumsi produk yang kita jual. Selain itu kita harus dapat melihat pesaing yang menjual produk yang sama dengan mencari kekurangan atau kelemahan dari pesaing kita, maka dengan melihat kekurangan dari pesaing dapat menjadikan produk kita melengkapi apa yang menjadi kelemahan dari produk pesaing. Sehingga nantinya brand perusahaan kita akan tetap berkualitas dan tetap eksis meskipun banyak pesaing yang menjual produk yang sama.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat…. 

Komentar

Postingan Populer