Bauran Pemasaran Produk





Pengertian Bauran Produk

Bauran Produk adalah kombinasi berbagai jenis produk yang di jual kepada masyarakat konsumen oleh sebuah perusahaan atau suatu unit usaha. Bauran Produk memenuhi  kebutuhan pemasaran yang sangat bervariasi untuk tiap produk

Macam-macam Produk

1.                  Produk Konsumsi

Produk Konsumsi adalah produk yang diproduksi oleh produsen kemudian disalurkan langsung kepada konsumen untuk dikonsumsi. 

Adapun barang-barang yang termasuk dalam produk konsumsi yaitu:

-                      Barang kebutuhan sehari-hari

Merupakan barang yang selalu dibutuhkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari

-                      Produk belanjaan

Merupakan barang yang dalam proses pembeliannya dengan cara dibandingkan pada barang yang sejenis berdasarkan mutu, kualitas, harga dan modelnya. Dalam produk belanjaan ini.

-                      Produk Khusus

Merupakan produk-produk yang bisa dibilang barang mewah maupun barang yang unik dan istimewa yang mana tidak sedikit orang rela membayar dengan harga yang tinggi untuk memilikinya.

2.                  Produk Industri

Produk Industri adalah produk yang diproduksi oleh produsen kemudian dibeli oleh konsumen dengan tujuan akan dijual kembali dan dimodifikasi ke sebuah produk yang baru

Jenis-jenis dari produk industri bisa dibagi menjadi tiga jenis yakni:

-                      Bahan baku dan suku cadang pabrik

Bahan baku merupakan bahan yang sangat penting untuk produksi yang diproses menjadi produk yang lebih bermanfaat.

-                      Barang modal

Merupakan barang bersifat tahan lama yang ikut mendukung dalam proses produksi baik dalam pengembangan maupun pengelolaan.

-                      Perlengkapan dan layanan bisnis (supplies and business service)

Supplies diartikan sebagai perlengkapan dalam produksi contohnya pelumas pada mesin. Dan business services diartikan sebagai pelayanan konsultasi dalam berbisnis misalnya konsultasi pada periklanan produk, izin usaha dan lain-lain.

Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Adanya strategi ini memastikan sebuah produk atau layanan dapat dipasarkan secara efektif ke satu target pasar tertentu. Strategi pemasaran produk baru merupakan hal vital dalam bisnis. Beberapa perusahaan memilih untuk mengikuti strategi yang dimiliki kompetitor bisnis. dengan strategi pemasaran produk yang tepat, brand dapat meningkat . Hal ini menjadikan bisnis menjadi terdepan, selalu diingat, dan dianggap sebagai yang paling hebat. Berikut strategi pemasaran produk yang dapat diterapkan, yaitu :

1. Membentuk Koperasi Agribisnis

2. Menjalin Hubungan Dengan Konsumen

3. Media Sosial

4. Dll

Definisi Jasa dan Macam-macamnya

Jasa adalah suatu aktivitas ekonomi dengan adanya pengeluaran (output) selain produk yang dikonsumsi serta diproduksi saat waktu yang bersamaan yang memberikan nilai positif serta tidak berwujud untuk pembelinya.

Macam-macamnya antara lain:

1.      - Perumahan seperti sewa kamar hotel, motel, apartemen atau hotel, usaha tani, dan lain-lain)

2.      - Usaha rumah tangga seperti air minum, perbaikan rumah, reparasi alat rumah tangga, perawatan kebun, pembersihan, dan lain-lain

3.      - Perawatan medis dan kesehatan seperti perawatan gigi, perawatan sakit opname di rumah sakit, dan periksa dokter

Strategi Pemasaran Jasa

Pemasaran jasa adalah suatu proses kegiatan yang memiliki manfaat lalu ditawarkan atau dijual dan diberikan oleh suatu pihak yang pada dasarnya bersifat tidak berwujud (intangible).

Karakteristik jasa :

1.Tidak Berwujud (Intangibility)

Jasa merupakan hal yang tidak dapat dilihat, diraba, dirasa, didengar, dicium, atau menggunakan indra lainnya sebelum jasa itu dibeli. Hal tersebut membedakan jasa dengan hasil produksi berupa barang dari perusahaan. Wujud dari suatu produk jasa yaitu seperti perbuatan, penampilan, atau sebuah usaha lainnya yang tidak dapat disimpan, dipakai, atau diletakan di suatu tempat yang diinginkan.

2.Tidak Terpisahkan (Inseparability)

Jasa tidak terpisahkan dari penyedia pelayanan atau jasanya, baik orang-orang maupun mesin. Jika seorang karyawan memberikan jasa atau pelayanan, maka karyawan menjadi bagian dari proses pelayanan tersebut karena konsumen juga hadir pada saat jasa diberikan.

3.Bervariasi (Variability)

Jasa sangat banyak variasinya karena jasa selalu tergantung pada siapa yang menyediakan dan kapan hal itu terjadi serta dimana jasa itu dilakukan. Contohnya jasa yang ditawarkan oleh suatu hotel. Meskipun setiap hotel mempunyai standar yang sama, tetapi jasa yang diberikan akan bervariasi atau bermacam-macam.

4.Tidak Tahan Lama (Perishability)

Suatu jasa tidak dapat disimpan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak tahan lamanya jasa tidak jadi masalah bila permintaan tetap. Tetapi jika permintaan akan jasa tersebut berfluktuasi, maka perusahaan jasa dapat menghadapi masalah.

Strategi Harga Jasa

Penentuan harga produk jasa harus melihat dari perspektif konsumen dan  pasar, yaitu dengan melihat tiga komponen yang dapat menjadi pertimbangan yaitu biaya, nilai dan kompetisi. Penentuan produk jasa dapat dikaitkan dengan  konsep net value, semakin besar manfaat yang dirasakan dibanding biaya yang dikeluarkan akan dinilai konsumen sebagai positive value

  Studi Kasus

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN PERILAKU PEMBELIAN ULANG (Studi Kasus pada Produk Pasta Gigi Merek Pepsodent di Kota Denpasar)

Berdasarkan temuan penelitian, maka dapat dikemukakan simpulan sebagai berikut.Bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pasta gigi merek Pepsodent di Kota Denpasar. Bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, saluran distribusi, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ulang pasta gigi merek Pepsodent di Kota Denpasar.Bauran pemasaran secara parsial hanya harga yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ulang sedangkan, produk, saluran distribusi dan promosi secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap perilaku pembelian ulang produk pasta gigi merek Pepsodent di Kota Denpasar.Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ulang pasta gigi merek Pepsodent di Kota Denpasar. 

Komentar

Postingan Populer