Bauran Pemasaran Produk
Pengertian Bauran Produk
Bauran Produk adalah kombinasi berbagai jenis produk yang di jual kepada masyarakat konsumen oleh sebuah perusahaan atau suatu unit usaha. Bauran Produk memenuhi kebutuhan pemasaran yang sangat bervariasi untuk tiap produk
Macam-macam
Produk
1.
Produk Konsumsi
Produk Konsumsi adalah produk yang diproduksi
oleh produsen kemudian disalurkan langsung kepada konsumen untuk
dikonsumsi.
Adapun barang-barang yang termasuk dalam
produk konsumsi yaitu:
- Barang kebutuhan sehari-hari
Merupakan barang yang selalu dibutuhkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari
- Produk belanjaan
Merupakan barang yang dalam proses pembeliannya dengan cara dibandingkan pada barang yang sejenis berdasarkan mutu, kualitas, harga dan modelnya. Dalam produk belanjaan ini.
- Produk Khusus
Merupakan produk-produk yang bisa dibilang barang mewah maupun barang yang unik dan istimewa yang mana tidak sedikit orang rela membayar dengan harga yang tinggi untuk memilikinya.
2. Produk Industri
Produk Industri adalah produk yang diproduksi oleh produsen kemudian dibeli oleh konsumen dengan tujuan akan dijual kembali dan dimodifikasi ke sebuah produk yang baru
Jenis-jenis dari produk industri bisa dibagi
menjadi tiga jenis yakni:
- Bahan baku dan suku cadang pabrik
Bahan baku merupakan bahan yang sangat penting untuk produksi yang diproses menjadi produk yang lebih bermanfaat.
- Barang modal
Merupakan barang bersifat tahan lama yang ikut mendukung dalam proses produksi baik dalam pengembangan maupun pengelolaan.
- Perlengkapan dan layanan bisnis (supplies and business service)
Supplies diartikan sebagai perlengkapan dalam produksi contohnya pelumas pada mesin. Dan business services diartikan sebagai pelayanan konsultasi dalam berbisnis misalnya konsultasi pada periklanan produk, izin usaha dan lain-lain.
Strategi Pemasaran Produk
Strategi pemasaran dapat
diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka
mencapai tujuan tertentu. Adanya strategi ini memastikan sebuah produk atau
layanan dapat dipasarkan secara efektif ke satu target pasar tertentu. Strategi
pemasaran produk baru merupakan hal vital dalam bisnis. Beberapa perusahaan memilih
untuk mengikuti strategi yang dimiliki kompetitor bisnis. dengan strategi
pemasaran produk yang tepat, brand dapat meningkat . Hal ini menjadikan bisnis menjadi terdepan, selalu
diingat, dan dianggap sebagai yang paling hebat. Berikut strategi pemasaran
produk yang dapat diterapkan, yaitu :
1. Membentuk Koperasi Agribisnis
2. Menjalin
Hubungan Dengan Konsumen
3. Media Sosial
4. Dll
Definisi Jasa dan Macam-macamnya
Jasa adalah suatu aktivitas ekonomi
dengan adanya pengeluaran (output) selain produk yang dikonsumsi serta
diproduksi saat waktu yang bersamaan yang memberikan nilai positif serta tidak
berwujud untuk pembelinya.
Macam-macamnya antara lain:
1. - Perumahan
seperti sewa kamar hotel, motel, apartemen atau hotel, usaha tani, dan
lain-lain)
2. - Usaha
rumah tangga seperti air minum, perbaikan rumah, reparasi alat rumah tangga,
perawatan kebun, pembersihan, dan lain-lain
3. - Perawatan medis dan kesehatan seperti perawatan gigi, perawatan sakit opname di rumah sakit, dan periksa dokter
Strategi Pemasaran Jasa
Pemasaran jasa adalah suatu proses
kegiatan yang memiliki manfaat lalu ditawarkan atau dijual dan diberikan oleh
suatu pihak yang pada dasarnya bersifat tidak berwujud (intangible).
Karakteristik
jasa :
1.Tidak Berwujud (Intangibility)
Jasa merupakan hal yang tidak dapat
dilihat, diraba, dirasa, didengar, dicium, atau menggunakan indra lainnya
sebelum jasa itu dibeli. Hal tersebut membedakan jasa dengan hasil produksi
berupa barang dari perusahaan. Wujud dari suatu produk jasa yaitu seperti
perbuatan, penampilan, atau sebuah usaha lainnya yang tidak dapat disimpan,
dipakai, atau diletakan di suatu tempat yang diinginkan.
2.Tidak Terpisahkan (Inseparability)
Jasa tidak terpisahkan dari penyedia
pelayanan atau jasanya, baik orang-orang maupun mesin. Jika seorang karyawan
memberikan jasa atau pelayanan, maka karyawan menjadi bagian dari proses
pelayanan tersebut karena konsumen juga hadir pada saat jasa diberikan.
3.Bervariasi (Variability)
Jasa sangat banyak variasinya karena
jasa selalu tergantung pada siapa yang menyediakan dan kapan hal itu terjadi
serta dimana jasa itu dilakukan. Contohnya jasa yang ditawarkan oleh suatu
hotel. Meskipun setiap hotel mempunyai standar yang sama, tetapi jasa yang
diberikan akan bervariasi atau bermacam-macam.
4.Tidak Tahan Lama (Perishability)
Suatu jasa tidak dapat disimpan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak tahan lamanya jasa tidak jadi masalah bila permintaan tetap. Tetapi jika permintaan akan jasa tersebut berfluktuasi, maka perusahaan jasa dapat menghadapi masalah.
Strategi
Harga Jasa
Penentuan harga produk jasa harus
melihat dari perspektif konsumen dan pasar, yaitu dengan melihat tiga komponen yang
dapat menjadi pertimbangan yaitu biaya, nilai dan kompetisi. Penentuan produk
jasa dapat dikaitkan dengan konsep net
value, semakin besar manfaat yang dirasakan dibanding biaya yang dikeluarkan
akan dinilai konsumen sebagai positive value
Studi Kasus
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN PERILAKU PEMBELIAN ULANG (Studi Kasus pada Produk Pasta Gigi Merek Pepsodent di Kota Denpasar)
Berdasarkan temuan penelitian, maka dapat dikemukakan simpulan sebagai berikut.Bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pasta gigi merek Pepsodent di Kota Denpasar. Bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, saluran distribusi, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ulang pasta gigi merek Pepsodent di Kota Denpasar.Bauran pemasaran secara parsial hanya harga yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ulang sedangkan, produk, saluran distribusi dan promosi secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap perilaku pembelian ulang produk pasta gigi merek Pepsodent di Kota Denpasar.Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ulang pasta gigi merek Pepsodent di Kota Denpasar.
Komentar
Posting Komentar