Pesona Wisata Gunung Budheg


Poto by: @abdi.luthfi

       Halo sobat!!.... Pada kali ini saya akan memberikan seputar informasi mengenai tempat wisata yang wajib kalian kunjungi di Kab. Tulungagung salah satunya yaitu Gunung Budheg. Wisata gunung Budheg merupakan destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi karena memiliki pesona alam yang sangat indah. Gunung Budheg berlokasi di Ds. Tanggung, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung. Lokasi untuk menempuh ke wisata gunung Budheg sangatlah mudah anda cukup searching lewat google map atau bertanya-tanya kepada penduduk sekitar. Bagi anda yang suka mendaki atau masih pemula gunung ini cocok buat kalian untuk latihan atau pemanasan karena gunung Budheg hanya memiliki ketinggian kurang lebih 585 mdpl.
      Gunung Budheg atau dikenal dengan gunung Cikrak ini menjadi daya tarik dengan ikon patung batu Joko Budheg. Menurut legenda, Joko Budheg merupakan sosok pemuda dari kaum jelata yang jatuh cinta dengan putri bangsawan bernama Roro Kembang Sore, sebagai lelaki Joko Budheg ingin mempersunting Roro Kembang Sore namun si Roro Kembang Sore ini masih belum mencintai si Joko Budheg dan meminta kepada Joko Budheg untuk memenuhi persyaratan sebagai bukti ketulusan cintanya dengan bertapa selama 40 hari 40 malam beralaskan batu dan memakai tutup kepala "Cikrak" (alat untuk membuang sampah). Merasa tidak tega walaupun waktu yang ditentukan belum habis Roro Kembang Sore menghampiri Joko Budheh dan menyuruh untuk berhenti dari pertapaanya namun Joko Budheg tidak menggubris sehingga membuat Roro Kembang Sore jengkel dan menyumpahi Joko budBud menjadi batu.
Photo by:@syahroni_jarwox
   
  Jalur pendakian menuju Gunung Budheg anda akan melewati beberapa pos-pos yang digunakan para pendaki untuk istirahat selama perjalanan anda akan melewati semak-semak belukar dan tanjakan tebing yang cukup curam namun semua itu akan terbayarkan ketika anda telah mencapai puncaknya dengan pesona pemandangan sunrise dan sunset serta jika anda berkemah di Gunung Budheg anda dapat melihat kerlap-kerlip lampu penduduk desa Tanggung pada malam hari.
       Biaya untuk masuk Gunung Budheg anda hanya menyiapkan Uang Rp. 2000 untuk parkir dan Rp. 5000 untuk masuk .
Wisata gunung Budheg menyediakan fasilitas yang cukup bagi para pendaki seperti tempat parkir, mck, mushola, rumah makan, dll.
     Maka jangan lupa ya sobat bila kalian berkunjung ke Tulungagung untuk mampir dulu ke wisata Gunung Budheg.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Aaminn...

Komentar

Postingan Populer