BAB II GALI IDE USAHA MU

Halo sobat!!..sekarang ini Mimin mau memberikan informasi mengenai cara menggali ide usaha dengan menggunakan analisa pros - cons, analisa SWOT, dan analisa pesaing.
Ayo ikuti terus Mimin dan simak terus materi singkat yang akan Mimin jelaskan ya..!!

✓ANALISA PROS-CONS (ASPEK POSITIF DAN NEGATIF ) ✓
 Analisa PROS-CONS merupakan cara untuk memulai ide usaha yang diusulkan layak untuk dijalankan atau tidak dengan membandingkan aspek positif dan negatif. Sehingga kita dapat menentukan suatu ide usaha yang kita rencanakan.

Beberapa informasi yang harus didata:
- keahlian yang dimiliki pengusaha untuk menjalankan usaha tersebut.
- ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan.
- kemudahan mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan.
- kemapuan dalam memproduksi dalam satu periode.
- keberadaan dan jumlah pesaing yang mempunyai produk sejenis.

Untuk menganalisa pros- cons perlu adanya tabel yang membedakan ide usaha antara satu dengan lainnya. Apabila tabel usaha yang memiliki total aspek positif lebih banyak daripada total aspek negatif maka usaha itu baik untuk dijalankan.

*Analisa SWOT*
Analisa SWOT membantu pengusaha dalam mencari, mengumpulkan, dan mencatat informasi yang detail dan rinci. Analisa SWOT untuk menilai dan mengukur kekuatan (strength), dan kelemahan (wekanesses) yang dimiliki oleh perusahaan serta melihat peluang (opportunities) dan mencari informasi adanya ancama atau gangguan (threats) dari usulan produk dan pasar.

~ANALISA PESAING~
Banyak pengusaha yang menjual produk yang sejenis seperti penjual gorengan terdapat 5-10 pengusaha dalam 1 wilayah maka pengusaha tersebut harus saling bersaing untuk mendapatkan konsumen. Karena konsumen tidak akan membeli seluruh produk yang dijual. Maka dari itu sangat penting bagi seorang pengusaha untuk mengetahui siapa pesaingnya agar dapat membuat sesuatu yang berbeda dan mendapatkan tempat di hati konsumen. Cara untuk menganalisa cukup dengan membuat sebuat tabel analisis pesaing dengan mencantumkan nama pesaing, kelebihannya, kekurangannya, serta cara mengatasi persaingannya.

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bisa bermanfaat untuk anda dalam memulai suatu usaha...😊




Komentar

Postingan Populer