BAB I JADI PENGUSAHA MANDIRI ( JAPRI )

 Halo sobat!!.. pernah nggk dengar apa itu progam JAPRI. kalau kalian kepo apa itu progam JAPRI maka admin akan menjelaskan pengertian singakt progam JAPRI serta tips cara menjadi pengusaha sukses.

Progam JAPRI merupakan sebuah progam soft skill yang berisi pembekalan motivasi, meningkatkan kepercayaan diri dalam memulai usaha serta pelatihan hard skill berisi teknis ketrampilan usaha, kegiatan pembinaan dan pendampingan kewirausahaan. Program JAPRI bertujuan untuk membantu dan memfasilitasi anak-anak muda yang memiliki potensi dalam berwirausaha untuk mengembangkan usahanya sesuai dengan kebutuhan pasar.

°KARAKTER PENGUSAHA SUKSES°
Terdapat ciri-ciri umum yang dimiliki seorang pengusaha sukses antara lain :

1. Buat passion jadi usaha
 Sesuatu yang kita lakukan atau kita kerjakan apabila dikerjakan dengan penuh kepuasan dan selalu menikmati adanya proses dalam menjalankan usaha maka kemungkinan besar usaha yang kita jalankan akan berhasil.

2. Jalankan dengan serius 
Perlu adanya rasa percaya diri dan serius dalan menjalankan usaha karena apabila seorang pengusaha tidak percaya diri dan serius dalam menjalankan usaha, maka pengusaha tersebut tidak cukup berani untuk berkompetisi dengan pengusaha lain.

3. Mengelola keuangan dengan bijak
Mengelola uang merupakan sesuatu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha dengan memisahkan uang pribadi dengan usaha.

4. Fokus terhadap konsumen dan pelanggan 
Usaha yang kita lakukan adalah tentang konsumen dan pelanggan. Perlu adanya pendekatan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen dan pelanggan atas suatu barang atau jasa yang bertujuan untuk bisa memenuhi kepuasan karena konsumen dan pelanggan yang akan menilai layak atau tidaknya barang yang dibeli dari produk kita.

5. Ciptakan keunggulan kompetitif
Barang atau jasa yang kita jual harus memiliki keunggulan agar konsumen dan pelanggan memiliki alasan untuk membeli barang atau jasa yang kita bandingkan dengan pesaing lain.

^MENJADI PENGUSAHA YANG BERETIKA^
Poin penting agar menjadi seorang pengusaha yang sukses yaitu harus memiliki etika yang bagus.
Berikut ini cara untuk menjadi pengusaha yang beretika:

1. Jujur
Kejujuran merupakan salah satu sifat penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha agar dapat membangun kepercayaan konsumen, pelanggan, dan masyarakat.

2. Komitmen
Seorang pengusaha harus memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan dari mulai awal usahanya sampai usaha sudah cukup besar dan sukses. Sehingga para konsumen dan pelanggan akan selalu mencintai produk dan jasa yang kita berikan.

3. Loyalitas
Loyalitas perlu dilakukan agar suatu pekerjaan yang kita kerjakan sesuai dengan tujuan usaha tanpa mencampurkan masalah usaha dengan masalah pribadi.

4. Kepedulian
Seorang pengusaha harus memiliki rasa peduli, simpatik, dan baik terhadap lingkungan dan sekitar. karena kita harus memahami bahwa keputusan dalam usaha tidak hanya berpengaruh pada perusahaan, namun juga masyarakat dan lingkungan sekitar.

5. Mematuhi aturan
Patuhilah seluruh aturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis agar dapat disegani oleh masyarakat dan lingkungan yang sesuai dengan hukum yang ada di Indonesia.

Komentar

Postingan Populer