BAB 3 KENALI USAHA KU

Halo sobat..!!! Pada kali ini Mimin akan memberikan materi tentang mengenali usaha kita, membuat slogan, serta keunggulan dalam bersaing.
Terus ikuti Mimin sampai akhir ya...!!

Seorang pengusaha tidak akan menjual semua barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen karena kebutuhan konsumen berbeda-beda. Faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut antara lain jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, lokasi, dan tempat tinggal. Maka diperlukan kriteria yang akan digunakan untuk menargetkan konsumen yang akan dipilih.

Contoh: kita menarget remaja dan dewasa baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki tingkat pendapatan ke atas dan bertempat tinggal di perkotaan.

∆ SLOGAN ∆
Slogan dibuat agar para konsumen selalu ingat dengan barang atau jasa yang dijual oleh pengusaha. Slogan juga digunakan untuk membedakan barang atau jasa pengusaha satu dengan yang lainnya.

Contohnya: "ROTI BOLU ENAKNYA NGANGENIN"

KEUNGGULAN BERSAING ✓

Dalam menjalankan suatu usaha, pengusaha pasti akan menghadapi persaingan untuk itu perlu memiliki keunggulan bersaing jika usaha tersebut memiliki sesuatu yang berbeda yang dimiliki oleh pesaing, maka kita harus melakukan sesuatu yang lebih dari pesaing.
Adapun cara menciptakan keunggulan bersaing yaitu :

- Biaya produksi yang murah
Biaya produksi yang murah dapat dilakukan dengan mencari supplier (pemasok) dengan bahan baku murah, proses produksi yang mudah dan membeli bahan baku grosir dengan harga murah, dengan demikian pengusaha dapat menjual produk dengan harga murah dibanding pesaing.

- Menciptakan perbedaan dengan produk pesaing
Untuk mendapatkan konsumen, produk yang dijual harus berbeda dengan produk yang sejenis lainnya. Perbedaan tersebut benar-benar dibutuhkan dan memberikan manfaat untuk konsumen dan pelanggan seperti pengusaha A menjual roti kukus biasa dan yang pengusaha B menjual produk roti kukus dengan toping ea krim.

Semoga bermanfaat dan silahkan mencoba...!!

Komentar

Postingan Populer